Tips Mendapatkan Persetujuan KPR Bank

Setiap orang butuh rumah, itu sudah pasti. Hal yang sulit adalah mencari rumah yang mempunyai harga terjangkau, apalagi dengan tren harga yang selalu naik setiap tahun. Rumah yang masih terjangkau di bulan April belum tentu masih bisa dibeli saat akhir tahun. Itulah kenapa, mengajukan kredit rumah pada akhirnya menjadi pilihan bagi banyak orang.

Tak perlu takut dengan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR.

Keuntungan dari menggunakan KPR dari bank pun ada banyak, ini beberapa di antaranya:

  1. Langsung masuk rumah – Anda bisa menggunakan rumah yang belum lunas itu dan langsung menempatinya.
  2. Meringankan beban – Anda tidak membayar langsung ratusan juta rupiah, tetapi bisa mencicilnya sesuai dengan kemampuan.
  3. Waktu cicilan lama – rata-rata bank akan memberikan Anda jangka waktu 10 tahun hingga 20 tahun. Beberapa bank bahkan mengizinkan Anda memperpanjang tenor sampai 25 tahun.
  4. Ada asuransi – membeli dengan kredit, berarti rumah Anda juga akan terlindungi berkat adanya asuransi kebakaran dan asuransi lainnya.
  5. Dapat sertifikat resmi – hal ini karena bank tak akan mau meminjamkan dana jika rumah tak punya surat resmi. Jadi Anda bisa yakin bahwa rumah memang bebas sengketa, dan sertifikat pun sudah di tangan.

Tak ada yang perlu ditakutkan dalam mengajukan KPR, bukan? Anda justru mendapatkan banyak keuntungan.

bank-btn

Selama Anda bisa bekerja sama dengan pengembang dan bank yang terpercaya (Anda bisa lihat dari track record mereka), Anda tak perlu khawatir bahwa proses pengajuan kredit Anda maupun pembayarannya nanti akan dipersulit. Namun seperti yang sudah dibilang sebelumnya, bank tidak akan sembarangan saja memberikan pinjaman pada nasabah, apalagi kalau Anda belum pernah membuka rekening di bank tersebut.

Untuk itu, demi kelancaran pengajuan kredit rumah, dan permintaan Anda terkabulkan, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Kemampuan membayar

Bank tentunya tak akan mau mengabulkan keinginan Anda meminjam jika mereka menilai Anda tak akan mampu membayar angsuran bulanan. Jadi hitung dulu penghasilan Anda (dan pasangan), lalu kalikan 30%. Inilah yang kira-kira harus Anda keluarkan per bulannya. Bisakah Anda melakukannya?

2.Dokumen yang lengkap

Bank akan membutuhkan dokumen lengkap dari Anda, meliputi biodata hingga slip gaji atau izin SIUP jika Anda pengusaha. Intinya, ketahui dulu apa yang disyaratkan bank, dan berikan selengkap-lengkapnya.

3.Sejarah kredit

Lihatlah sejarah kredit Anda, apakah Anda mempunyainya? Jika belum, bank belum tentu memberikan persetujuan. Begitu juga kalau mereka melihat Anda tidak selalu disiplin dalam membayar (terlambat, menunggak, dll.)

4.Menjadi nasabah

Proses approval akan lebih mudah jika Anda sebelumnya sudah menjadi nasabah di bank tersebut, karena bank telah mengetahui data-data Anda sebelumnya.

Kalau Anda sudah memenuhi semua itu, maka jangan khawatir, karena kemungkinan besar bank akan memberikan persetujuan bagi Anda.

Namun untuk memastikan, akan lebih baik lagi jika Anda memilih tenor (waktu pembayaran) yang lebih lama. Jadi jika ada pilihan tenor 10, 15, atau 20 tahun, maka memilih tenor 20 tahun akan memperbesar kemungkinan permohonan pinjaman Anda untuk diterima. Hal ini karena semakin lama tenornya, maka semakin kecil pula angsuran per bulannya.

Selain melihat dari diri Anda sendiri, Anda juga harus mempertimbangkan dari segi rumah dan pengembang yang Anda pilih.

Rumah yang tepat akan mendapatkan persetujuan lebih cepat, sedangkan yang salah akan membuat bank ragu. Perhatikan ini:

  1. Pilih rumah yang mempunyai akses mudah (bisa dimasuki mobil, masih ada akses ke jalan raya, dll.) karena bank tidak akan setuju jika Anda memilih rumah terlalu terpencil.
  2. Pilih yang pengembangnya sudah kerja sama dengan bank, sehingga Anda lebih dipermudah.
  3. Bebas dari sengketa, jangan sampai rumah tersebut masih terlibat dalam kasus perebutan tanah. Anda sudah harus punya sertifikatnya.
  4. Pilih perumahan yang perijinannya sudah lengkap, kalau perlu minta diperlihatkan bukti perijinan tersebut kepada pihak pengembang

Ketika Anda sudah mendapatkan pinjaman yang Anda inginkan, saatnya membayar angsuran dengan tepat waktu. Inilah yang bisa Anda lakukan untuk memastikannya:

  1. Membuat laporan keuangan setiap bulannya, sehingga Anda tahu bagaimana kondisi keuangan Anda, dan bisa merencanakan sebelum keuangan menipis.
  2. Buat prioritas, tempatkan pembayaran KPR di urutan pertama, baru keperluan lainnya, sehingga uang untuk angsuran tidak terpakai untuk keperluan lain.
  3. Buka rekening terpisah untuk angsuran. Begitu gaji masuk, isi angsuran bulanan ke dalam rekening tersebut, sehingga tak ada kemungkinan keliru terpakai.

Jika di suatu saat Anda merasa keberatan dengan angsuran yang ditetapkan oleh bank, entah karena perubahan situasi keuangan atau ada urusan lain, Anda bisa melakukan negosiasi ke bank untuk mendapatkan keringanan. Jangan khawatir tentang ini, selama permintaan masuk akal, dan Anda sejauh ini selalu membayar dengan tepat waktu, bank akan bersedia melakukan negosiasi.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sehingga bank menyetujui permintaan kredit rumah.

Tidak seseram yang Anda bayangkan sebelumnya, bukan? Andabahkan bisa melakukan negosiasi dengan pihak bank demi keringanan angsuran.

unknown

Tentu saja, Anda harus memilih bank yang sudah punya reputasi bagus dulu, yang memang terkenal mau membantu nasabahnya.

img_8047

Perumahan Springview Wonorejo bekerja sama dengan Bank BTN menghadirkan perumahan yang terbaik sehingga dapat Anda miliki dengan segala kelebihan dan kemudahan dengan fasilitas KPR dari bank rekanan kami yaitu Bank BTN.

Hampir 100% dari seluruh konsumen kami yang menggunakan fasilitas KPR mendapatkan fasilitas dari Bank BTN, dengan proses mudah, tidak berbelit-belit, cepat, dan sangat menguntungkan bagi seluruh konsumen.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengisi formulir informasi dibawah ini :

Formulir Minat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: